Friday 22 January 2016

My "korean visa" story

Oke di blog2 yang lain yang pasti udah pernah bahas tentang visa korea..
Tapi boleh dong ya berbagi pengalamanku pas bikin visa korea juga hehe

11januari 2016

Dapat izin dari papa untuk berangkat ke korea selatan pada februari 2016 (woohoo)
Pengen banget nonton konser B.A.P LOE SEOUL AWAKE 2016 soalnya lol
Waktu itu belum di umumin tanggal berapa konsernya pokoknya yang pasti februari!!  Jadi pertama-tama kudu bikin visa dulu nih karena februari kan udah deket dan bikin visa juga nggak cepet apalagi buat yang nggak tinggal di Jakarta seperti saya haha
Terus searching2 di mbah google tentang bikin visa korea mulai dari persyaratan dan dokumen-dokumennya,

12 januari 2016

Cari2 travel agent yang ngebantuin ngurus visa Korea, soalnya saya domisili di Malang nggak mungkin ngurus visa sendiri ke Jakarta hehe dan itu susah banget nyari travel agent yang bantuin ngurus visa ke Korea huhuhu nemu deh di salah satu travel agent yg ngebantuin bikin visa tapi syaratnya kudu beli tiket pesawat dan hotel di mereka dan itu harganya 12 juta (omhhggg) gilak itu 12 juta buat tiket pesawat ama hotel doang mending nggak deh
Karna putus asa ga nemu travel agent yang bisa bantuin bikin visa korea akhirnya saya pulang ke kosan.
Nyampe kosan telepon papa "pa ini aku lagi cari2 travel agent di Malang yang bantuin ngurus visa, nah kalau mau bikin visa butuh rekening korannya papa sama surat referensi banknya papa. Papa bikin aja dulu ntar dikirim ya ke Malang jadi enak kalau aku udah dapet travel agent yang bisa bantuin ga ribet ngurus rek. Koran dan surat ref. Bank lagi"
(papa saya tinggal di Gresik sedangkan saya kuliah di Malang jadi butuh waktu buat ngirim rek. Koran dan surat ref. Bank nya)
*Rek. Koran biayanya cuman 15ribu tapi untuk surat referensinya biayanya 225ribu (buset dah mehong amat). Awalnya kaget kok mahal banget biaya bikin surat ref. Bank di BRI?? Padahal saya baca di blog orang lain di BCA cuman 50ribu terus saya mention deh official akunnya BRI dan katanya biayanya itu tergantung sama keputusan cabang bank BRI tsb jadi yaudahlah demi visa gapapa bayar 225rb

14januari 2016

Saya ke travel agent "TX Malang" (yeaaay akhirnya nemu travel agent yang bantuin ngurus visa korea woohoo) /rekomendasi dari mbak vika/ pas sampe di kantornya tx saya konsultasi deh sama mbak2 agentnya tentang dokumen apa aja yang harus saya penuhi setelah itu saya pulang nyiapin seluruh dokumen yang diminta

15januari 2016

Saya balik lagi ke TX travel Malang bawa semua dokumen yang diminta.
List dokumen yang saya bawa
1. Passport asli
2, Fotokopi passport (karna passport saya kosong jadi cuma depan sama belakang aja)
3. Fotokopi Kartu Keluarga
4. Fotokopi Akta lahir
5. Fotokopi KTP
6. Foto 4x6 2lbr
7. Surat Keterangan Mahasiswa
8.a, Rekening koran selama 3 bulan
8.b. Surat Referensi Bank
9. Surat pensiun papa saya
10.a. Surat Sponsor dengan materai 6000
10.b. Surat Izin Orang tua dengan materai 6000
11.a Bukti tiket pesawat
11.b Bukti reservasi hotel (saya saranin reservasi di kimchee guesthouse hostel, karena selain tanpa booking fee disana juga free cancel jadi kalau seumpama kan /naudzubillah/ ga lolos visanya ga rugi ngeluarin biaya hotel
*Nah kebetulan aplikasi form visa koreanya dapet dari TX Malang sekaligus di isikan sama mbak2nya jadi saya nyantai aja hehe
(Aplikasi form visanya bisa di download sendiri di webnya kedubes korea)

Udah nyerahin semua berkas di cek in sama mbaknya satu2 nih dokumennya, ternyata surat sponsor dan surat izin orang tua punya saya ada yang keliru nih bahasa inggrisnya jadi harus ketik ulang lagi

Akhirnya yaudahlah yaaa besok balik lagi kesini sambil bawa surat sponsor dan surat izin orang tua yang udah dibenerin, udah malem juga kantornya udah mau tutup

19januari 2016

Ke kantornya TX lagi buat nyerahin surat izin ortu dan surat sponsor, terus di cek deh itu dokumennya.... cek,cek,cek akhirnya katanya mbaknya udah lengkap dan bener dokumennya bisa di kirim ke Jakarta..
Lega rasanya udah lengkap dokumennya, terus saya tanya mbaknya "kira-kira lolos nggak ya mbak visa saya? Saya baca di blog ada orang yang dokumennya lengkap tapi ditolak mbak.. punya saya bisa lolos kan ya mbak??"
Mbaknya jawab "Kalau dokumennya lengkap dan tabungannya cukup  insyaAllah lolos mbak" trus mbaknya cek rek. Koran papa saya lagi sambil bilang "dananya cukup kok mbak, dokumennya juga lengkap jadi bisa lolos kok visanya"
(Tabungan yang dipatok TX travel minimal ada 30juta, dan alhamdulillah tabungan papa saya lebih dari yang ditargetin)
Tapi saya baca blog orang ada yang tabungannya 8juta lolos, ada yang 10juta juga lolos. Kalau menurut aku tabungan nya yang penting cukup untuk biaya hidup kita selama disana juga bisa lolos tapi kalau lewat travel agent pasti ada saldo minimal tabungan di bank yang nggak sedikit

22januari 2016

Visanya udah di submit di kedubes korea, dan kata mbaknya itu butuh 7hari kerja jadi tanggal 1 februari 2016 hasilnya keluar yeeeay haha

31 januari 2016
Alhamdulillah dapet telepon dari tx Malang visa saya lolos bisa di ambil hari ini atau besok.. yoohoo 영재야 ㅋㅋㅋ

Biaya pengurusan visanya 750ribu
Kalau ngurus sendiri lebih murah hanya 560rb
Kalau tinggal di luar Jakarta mending pake travel agent aja deh hehe

No comments:

Post a Comment